Hasil UCUN (Uji Coba Ujian Nasional) 1 yang telah dilaksanakan tanggal 25 – 28 November 2019 belum mencapai  nilai target UNBK yang telah direncanakan.

Target UNBK tahun ini adalah

Sedangkan hasil UCUN 1 masih dibawah target  dengan perincian sebagai berikut

Yang sudah melampaui target adalah mata pelajaran Bahasa Inggris, target yang diharapkan nilai tertinggi adalah 80. Sedangkan hasil UCUN 1 nilai tertinggi 84. Nilai terendah masih ada yang nilainya nol, ini dikarenakan ada empat peserta  didik yang melakukan pelanggaran, sehingga mendapat hukuman tidak boleh mengikuti UCUN 1 dan satu peserta didik yang tidak ikut UCUN 1 susulan.

Dari hasil UCUN 1 tersebut, maka akan diadakan Rencana Tindak Lanjut (RTL) yaitu salah satunya akan diadakan Program  Kelompok Belajar di pembelajaran semester genap yang akan dimulai bulan Januari 2020.

Program  Kelompok Belajar ini dilakukan dengan membentuk enam kelompok belajar per kelasnya. Kemudian dari kelompok itu ditunjuk ketua kelompoknya yang berfungsi untuk menutori anggota-anggota kelompoknya.

Sebelumnya setiap ketua kelompok belajar itu dikumpulkan oleh guru maple setelah pulang sekolah, atau diwaktu jam-jam tertentu yang telah ditetapkan guru mapel, kemudian di beri tutorial setiap materi  yang akan dibahas. Kemudian diwaktu KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) dikelas, para ketua kelompok  akan menutori teman-temannya dalam kelompoknya. Setelah itu guru akan menilai setiap kelompok dengan mengerjakan lembar latihan yang telah disiapkan secara induvidu.

Dari hasil itu akan dievaluasi bersama, dan diharapkan dengan program ini peserta didik akan lebih paham dengan materi  sehingga hasil UCUN berikutnya bias mencapai target.

Disamping itu guru-guru maple selain UN, bisa juga mengunakan kelompok belajar ini dalam proses pembelajaran. Berikut daftar Kelompok Belajar per kelasnya :

SEMOGA MANFAAT

KELOMPOK BELAJAR KELAS 9

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *