Jadwal dan Link PTS Gasal Kelas 7 Tahun 2020/2021

posted in: Uncategorized | 8

Petunjuk Pengerjaan

1. Kunjungi web sekolah di www.smpfutuhiyah.sch.id
2. Pilih jadwal dan link sesuai kelas masing-masing
3. Isi daftar Hadir untuk mendapatkan password soal
4. Pilih mata pelajaran sesuai jadwal
5. Masukkan password soal
6. Mulai mengerjakan PTS

VIDEO PETUNJUK PENGERJAAN

LINK DAFTAR HADIR KELAS 7

SENIN 7 SEPTEMBER 2020

SELASA, 8 SEPTEMBER 2020

RABU, 9 SEPTEMBER 2020

KAMIS, 10 SEPTEMBER 2020

JUMAT, 11 SEPTEMBER 2020

PENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) GASAL SMP FUTUHIYYAH MRANGGEN TAHUN PELAJARAN 2020/2021

posted in: Uncategorized | 1

PTS Gasal akan dilaksanakan secara daring dimulai dari tanggal 7 – 12 September 2020 dengan jadwal sebagai berikut. Dan bagi peserta didik yang tidak bisa mengikuti pada tanggal tersebut, silahkan mengikuti PTS Gasal Susulan pada tanggal 14 dan 15 September 2020 dengan jadwal sebagai berikut.

Untuk mempersiapkan PTS, berikut kisi-kisi soal semua mata pelajaran kelas 7https://drive.google.com/drive/folders/1nPO43sSVOeD7PWpj2r86iv3rhtl0pp_f?usp=sharing kelas 8 https://drive.google.com/drive/folders/1b9eiF9g_yd1NaCRvXHqSvUvTo8DBbSjk?usp=sharing kelas 9https://drive.google.com/drive/folders/1UPnJahVpqArU_G54uHUOdtGzcT9P0lc0?usp=sharing

Adapun tata tertib mengikuti PTS Gasal adalah https://drive.google.com/file/d/1pJLLs6XivphiPhdTbmwaZ0IPfeGaaMwa/view?usp=sharing

Berikut soal-soal PTS Gasal yang bisa dikerjakan sesuai jadwal diatas (link soal)

Berikut soal-soal PTS Gasal Susulan dikerjakan sesuai dengan jadwal (link soal susulan)

Selamat mengikuti PTS Gasal tahun pelajaran 2020/2021, semoga sukses.

Jadwal PTS Gasal TH 2020/2021
Jadwal Susulan PTS Gasal TH 2020/2021

TATA TERTIB PESERTA DIDIK DALAM MENGIKUTI PTS GASAL

TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  1. Peserta didik harus mengikuti PTS gasal 2020/2021.
  2. Peserta didik diberi waktu mengerjakan soal PTS mata pelajaran yang diujikan mulai pukul 08.00 s/d 00.00 wib.
  3. Link soal bisa di lihat di website sekolah dengan alamat http//kapurajaib.com.
  4. Password soal mata pelajaran yang diujikan pada hari itu akan di kirim/share/bagi ke group WA kelasnya masing – masing pada pukul 07.00 pagi oleh panitia
  5.  Bila ada peserta didik yang tidak/belum mengerjakan soal PTS pada hari yang diujikan, maka peserta didik tersebut harus mengikuti PTS susulan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

LAPORAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING SMP FUTUHIYYAH

posted in: Uncategorized | 0

Pandemi Covid-19 memaksa kebijakan social distancing untuk meminimalisir persebaran Covid-19. Kebijakan ini diupayakan untuk memperlambat laju persebaran virus Corona di tengah masyarakat. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) merespon dengan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring.

Perpanjangan masa darurat Covid-19 membuat waktu belajar dari rumah bagi peserta didik semakin bertambah. Konsekuensinya, guru perlu mendesain pembelajaran jarak jauh yang variatif dan tidak membosankan. Guru dapat  memanfaatkan beberapa aplikasi pembelajaran yang tersedia, agar pembelajaran jarak jauh dapat berlangsung secara efektif. Dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran, Google Classroom dan elearning.kapurajaib.com, SMP Futuhiyyah melakukan pembelajaran daring untuk memudahkan guru dalam membagikan materi, memberikan tugas, dan sekaligus melakukan evaluasi terhadap siswa.

Berikut laporan lengkapnya;

JADWAL PELAJARAN JARAK JAUH SMP FUTUHIYYAH https://drive.google.com/file/d/1mfJZy3CFxNrXRUScxlLvZO6fplNuYPCx/view?usp=sharing

ROMBONGAN KELAS SMP FUTUHIYYAH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Perencanaan Pembelajaran Mapel tapel 2020/2021https://drive.google.com/drive/folders/0BxqYpx-EnKndfkpNeWg1QXEyT0JLMFVsOFVYdF95NFFUSDZJS0ZCYkk0WUpRQTFvYkNmU28?usp=sharing. Media yang digunakan untuk menyampaikan materi, kita memakai file PDF, power point, canva, word dan you tube.

Sedangkan hasil pembelajaran daring yang dimulai sejak tanggal 13 Juli – 8 Agustus 2020 setiap mapelnya bisa dilihat disini. Laporan Kegiatan KBM Onlie https://docs.google.com/spreadsheets/d/1QpbAobU3pBUMVlctl8Mg5FDi_gWrGn5H5pui95irV7s/edit?usp=sharing

Dari hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa tingkat keikutsertaan siswa dalam pembelajaran daring masih sangat kurang sekali, kira-kira hanya sekitar 20% dari jumlah siswa keseluruhan 447, jadi yang ikut hanya 89 siswa.

Permasalahan kenapa tidak berhasilnya pembelajaran daring disebabkan oleh banyak hal, diantaranya adalah :

Pertama, masih banyak bapak ibu guru yang mempunyai keterbatasan dari sisi akses maupun pemanfaatan handphone , laptop atau komputer yang dimiliki. Bagi bapk ibu guru yang mengetahui teknologi, tentu hal ini tidak menjadi masalah. Sebaliknya, bagi guru yang masih gagap IT, hal ini menjadi masalah. Padahal, pembelajaran online ini memerlukan kreativitas dalam proses pembelajarannya. Kreativitas ini tidak hanya dari sisi pembuatan konten materi yang menarik, tetapi juga kreativitas dalam memanfaatkan kelebihan media daring yang digunakan. Artinya, guru harus cerdas mengkreasi materi pelajaran agar mudah dipahami oleh siswa dengan memanfaatkan media daring yang ada.

Kedua, kemandirian belajar siswa di rumah tidak dapat sepenuhnya dapat terlaksana dengan baik. Kemandirian belajar menjadi tuntutan yang harus dipenuhi dalam pembelajaran daring. Keterbatasan untuk bertatap muka langsung dengan guru, membuat siswa harus mandiri dalam memahami materi dan mengerjakan tugas yang ada. Siswa harus memahami dengan baik materi yang disajikan. Kemudian, menyelesaikan tugas yang diberikan guru termasuk juga melaporkannya. Dalam memahami materi dan mengerjakan tugas tersebut, tentu proses aktivitas belajar siswa tidak semulus dan semudah yang dibayangkan. Ketidakpahaman suatu materi mungkin saja terjadi. Apalagi jika materi yang diberikan, butuh penjelasan yang lebih detail dan mendalam. Atau siswa tidak memahami materi yang disajikan dan harus segera memperoleh penjelasan dari guru. Tentu, pembelajaran daring tidak dapat segera mengatasi permasalahan tersebut. Oleh karenanya, pendampingan dari orang tua diperlukan dalam proses pembelajaran daring. Meskipun hal ini tidak mudah, karena orangtua siswa juga harus dapat berperan selayaknya seorang guru pengampu materi pelajaran. Jika orang tua dapat berperan dengan baik dalam mendampingi anaknya, permasalahan tersebut dapat terselesaikan. Namun sebaliknya, jika orangtua juga mempunyai keterbatasan (misalnya, gaptek, latar belakang pendidikan rendah), permasalahan yang muncul akan memberikan masalah yang baru lainnya.

Ketiga, tidak semua siswa mempunyai handphone. HP merupakan alat utama yang digunakan untuk pembelajaran daring. Tetapi, tidak semua siswa mempunyai alat komunikasi ini. Mungkin, bisa saja HP menjadi barang mewah bagi siswa dari kalangan ekonomi tidak mampu. Akibatnya, siswa tidak punya fasilitas pembelajaran daring.

Keempat, pembelajaan daring terkendala dengan signal internet yang tidak stabil dan pulsa (kuota data) yang mahal. Kestabilan signal internet diperlukan agar dalam proses pembelajaran tidak terganggu sehingga siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.

Pengumuman Kelulusan Tahun 2020

posted in: Uncategorized | 3

Assalamualaikum Wr, Wb

Dengan ini kami memberitahukan kepada bapak/ibu wali murid kelas 9 bahwa pengumuman keluluusan putra putri bapak akan diumumkan secara daring melalui link https://kelulusan.kapurajaib.com/, pada hari Jum’at, tanggal 5 Juni 2020, pukul 17.00 wib.

Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 6 Juni 2020, putra putri bapak/ibu bisa mengambil Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti ijazah sementara sebelum ijazah diterbitkan (siswa diminta untuk cap tiga jari di SKL) dan SUKET (Surat Keterangan) dengan protokol covid 19 (memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak).

Berikut jadwal kedatangan per kelasnya :

  1. Kelas 9A pukul 08.00 – 09.00
  2. Kelas 9B pukul 09.00 – 10.00
  3. Kelas 9C pukul 10.00 – 11.00
  4. Kelas 9D pukul 11.00 – 12.00

Demikian pemberitahuan dari kami, mohon bpk ibu wali murid untuk mengawasi putra putrinya agar tidak melakukan hal-hal yang tidak terpuji waktu pengumuman kelulusan. Terima kasih atas kerjasamanya

Wassalamualaikum, Wr. Wb